Kamis, 04 September 2008

Renungan di Bulan Suci Ramadhan 2008

Assalamu'alikum...Wr...Wb.
Alhamdulillah puji syukur ke Hadirat Allah SWT, kita ucapkan beresama karena kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan Ibadah Puasa Ramadhan pada tahun ini, dengan kemantapan dan keikhlasan Ibadah.
kedua kalinya Sholawat dan salam tetap tersanjungkan kepada junjungan kita "Allah Humma shalli 'ala saidina Muhammaad Wa'ala Alii Saidina Muhammad" Rasul kita Nabi kita Muhammad SAW, karena beliaulah yang menunjukan kita dari jalan yang sesat menuju jalan yang benar, dari agama yang sesat menuju agama yang benar yakni agama Islam, semoga kelak kita semua mendapat Syafaat dari-Nya amiiiiin.

Ketiganya, saya ucapkan pada semua pembaca Blogger ini selamat menjalankan ibadah Puasa pada bulan ini semoga ibadah kita dibulan ini mendapat Ridha dari Allah swt, dan saya ucapkan minal 'aidlin wal fa'izin mohon maaf lahir bathin. salah saya kepada kawan-kawan yang saya kenal antaranya. irsyadul alim,khusnul anis, muflih, kak athok, kak sakhok H. zaqi dan kawan lainya yang tak mungkin saya sebutkan satu persatu di sini, untuk semuanya yang membaca blogger saya saya minta maaf baik yang saya sengaja maupun tidak.

keempat, Bulan Puasa memang datang setiap tahun, tapi belum tentu kita bisa setiap tahun jumpa, pada tahun kemarin kita masih tadarus dengan si A atau Si B tahun ini kita sudah tidak lagi bersama dll, belum tentu juga kita bisa mengikuti ibadah, karena munkin iman kita yang berubah sehingga tidak lagi puasa, itulah sunnatullah. oleh karena itu kita harus bersyukur kepada Allah SWT, karena kita masih diberi kesempatan untuk hidup dan iman yang masih kuat pada tahun ini dan semoga berkekalan sampai ajal tiba, amiiin perlu diingat bahwa kita tidak bisa memiliki diri kita sendiri, diri kita adalah milik Allah SWT, sewaktu-waktu akan diambil, apalagi harta benda yang lain yang kita cintai, jaadi jangan terlalu sedih bila kita kehilangan harta benda yang kita miliki atau kawan atau anak atau keluarga yang kita sayangi, karena semua akan kembali kepada Allah SWT, kita kembalii tidak akan membawa apapun kecuali amal kita waktu didunia, yang punya mobil mewah ditinggal, rumah megah ditinggal istri atau suami cantik ditinggal anak yang lucu-lucu ditinggal dll. yang bisa membantu kita adalah:
1.Sadaqoh jariah, banyak orang kaya yang sudah lupa bahwa hartanya ada hak orang lain yang harus diberikan, yang harus dizakati yang harus dibagikan kepada anak yatim piatu dan fakir miskin, maka hati-hatilah orang kaya seperti itu yang tidak pernah sodaaqoh akan mendapat siksa dalam kubur dan masuk neraka, bertaubatlah segera sebelum ajal tiba,perbanyaklah sodaqoh di bulan suci ini, karena hanya sadaqah jariah yang bisa menolong kita dalm kubur nanti.
2. yang bisa menolong kita lagi adalah ilmu yang manfaat, banyak ilmu tapi ndak diamalkan itu seperti pohon rindang yang tak berbuah, ilmu sedikit tapi diamalkan dan bermanfaat bagi orang lain adalah sebaik-baik orang. sebaik-baik orang disisi Allah adalh orang yang bermanfaat bagi orang lain. dan carilah ilmu sampai ke negeri China carilah ilmu dari liang rahim ke liang lahad.tapi catatan yang terpenting adalah manfaatkanlah ilmu itu untuk bekal di akhiratmu.
3. Di zaman sekarang ini dikatakan zaman moden yang mana semakin banyak anak yang kurang ajar sama orang tuanya, oleh karena itu didikan kepaada anak harus benar supaya anak kita menjadi anak yang soleh dan solehah karena dari doa anaklah yang bisa menolong kita di alam akhirat nanti, anak yang soleha dan soleh adalah aset penting untuk alam akherat kita. jangan salah asuh asah dan asih terhadap anak, supaya anak menjadi berbakti pada orang tua dan mendoakan orang tua ketika dalam akherat.

terakhir tingkatkan ibadah dg penuh keikhlasan di bulan suci ini,tingkatkan iman dan taqwa.karena belum tentu kita akan jumpa bulan suci yang akan datang, kesempatan yang ada gunakan dengan sebaik mungkin agar kita tidak menjadi orang yang merugi dikemudian hari.mari kita sama-sama bersaing dalam hal kebaikan.
maafkan segala kesalahan dan kehilafan.

akhirul kalam Waallahul Muwafiq ila Aqwamithoriq
wassalamu'alaikum ..wr..wb

Tidak ada komentar: